Pantai Cicadas, 'Surga' Dunia Dari Garut

Pantai Cicadas yang terkenal akan keindahaan alamnya menjada salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya, Senin (13/12).

Panorama alam, terkadang membuat kita takjub akan kekuasaan Tuhan tentang ciptaannya yang indah. Seperti salah satu panorama pantai di desa Cicadas, Kec.Cikelet Pamengpeuk-Garut. Pantai Cicadas menjadi indah karena kealamian dan pemandangannya yang enak dipandang menjadikan pantai ini tidak bosan untuk dikunjungi. Pantai ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan sejak Tujuh tahun yang lalu.

Pantai yang sangat luas ini sering kali menjadi objek foto oleh para fotografer disamping menjadi objek wisata. Biaya untuk mengunjungi pantai yang secara cuma-cuma menjadi nilai positif, karena pengelolaannya yang masih ditangani oleh penduduk sekitar. “Siapa saja boleh berkunjung ke pantai ini tanpa dipungut biaya dan yang terpenting tidak mengotori apa lagi merusak keindahan alam yang sudah ada”, ujar Abah salah satu warga Cicadas.

Pasir pantai di daerah selatan pada umumnya banyak mengandung uranium sebagai bahan baku nuklir, oleh karenanya penduduk sekitar pantai cicadas kadang kala merasa khawatir kalau suatu saat pasir pantainya habis digeruk oleh pemerintah. Disamping kaya akan uraniumnya, pantai-pantai di Garut selatan pun kaya akan pemandangannya seperti Santolo, Sayang Heulang, Ranca Buaya dan lain-lain.

Pantai Cicadas menjadi daya tarik baru dalam objek wisata pantai. Banyak wisatawan lokal maupun luar daerah yang menyempatkan diri untuk berkunjung menikmati keindahaan pantai yang masih alami ini. “Saya berasal dari Bandung yaa walau pun masih wilayah garut tapi kan jaraknya lumayan jauh juga dari Bandung ke Cicadas ini. Pantai disini indah, alami, belum terjamah oleh banyak orang, lautnya yang biru, pasirnya putih surganya dunia pokoknya dan cocok buat santai serta melepas penat”, ujar salah satu pengunjung Pantai Cicadas.

Pada umumnya warga Cicadas menggantungkan hidupnya sebagai nelayan dan memanfaatkannya untuk diolah atau di jual kepada wisatawan. Hasil kekayaan lautnya pun dipergunakan sebagai mata pencaharian warga cicadas. Banyak tumbuh-tumbuhan laut yang dijadikan makanan dan obat-obatan.(Oleh : Amr)

Related Post



Posting Komentar