Mengenal Citizen Journalism

Foto diambil dari google
Citizen journalism atau yang biasa kita sebut jurnalisme warga merupakan kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh orang biasa atau bukan wartawan. Kini kegiatan citizen journalism dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja layaknya seorang wartawan. Di dunia modern ini, perkembangan citizen journalism kian melesat. Hal tersebut didukun oleh kelahiran blog dan media sosial lainnya.

Citizen journalism menjadikan setiap orang bisa berprofesi seperti wartawan dan menyebarkan informasinya kepada publik. Lain halnya seperti orang yang benar-benar berprofesi sebagai wartawan. Mereka dituntuk agar lebih profesional dalam kinerjanya, dikejar deadline, dan mentaati kde etik kejurnalistikan. Sedangkan orang-orang yang melakukan citizen journalism tidak wajib untuk profesional dan lepas dari deadline.

Dari perkembangan teknologi, hingga perkembangan media sosial, citizen journalism kian mendapatkan tempat sekaligus "unjuk kekuatan" yakni ketika dunia digegerkan oleh berita serangan terhadap menara kembar WTC di New York, Amerika Serikat yang dikenal dengan serangan 11 september 2001. Penyebaran beritanya bermula dari gambar amatir yang diambil seorang warga yang "kebetulan" berada dekat lokasi peristiwa. (Buku : Jurnalistik Online, Asep Syamsul M. Romli)

Disisi lain citizen journalism banyak diminati oleh semua kalangan dan dengan mudah warga dapat meng-upload apa yang akan di informasikan kepada publik. Melalui media-media sosial yang telah tersedialah mereka menyebarluaskan informasi yang di dapatnya.

Selain itu, Citizen journalism kian mendapat tempat ketika situs berita ternama seperti Cyber Kompas dan detik.com menyediakan fasilitas blog bagi pembacanya.

Related Post



Posting Komentar